Senin, 28 Januari 2013

Nebosh Training Spesialis Kimia

nebosh training
Nebosh training: Menurut data dari kantor perburuhan internasional ( ILO ) tahun 2005 yang memperkirakan bahwa diseluruh dunia setiap tahun 2.2 juta orang meninggal karena kecelakaan - kecelakaan kerja dan penyakit - penyakit akibat kerja. Dan kematian - kematian akibat kerja pun meningkat.

Diperkirakan juga 270 juta kecelakaan - kecelakaan yang akibat kerja yang tidak fatal ( setiap kecelakaan paling sedikit mengakibatkan minimal 3 hari absen dipekerjaan ) dan 160 juta penyakit - penyakit baru akibat kerja. Wow angka yang cukup fantastis ya? bisa dibayangkan berapa nominal kerugian dari pihak pengusaha maupun pihak pekerja itu sendiri kan? Yang lebih tidak ternilai adalah kerugian yang immaterial, misalnya cacat dan yang paling fatal adalah meninggal dunia. Apalagi tempat kerja yang berkontak langsung dengan bahan kimia. Masih banyak perusahaan, pengusaha dan pekerja yang tidak memperhatikan hal penting tersebut. Oleh karenanya penting bagi perusahaan tersebut mengikuti nebosh training spesialis kimia.

Dan ditempat kerja yang banyak terdapat bahan kimia tersebut banyak aturan - aturan yang harus dijalankan dan di masukan kedalam nebosh training hal tersebut adalah:


  1. Bersihkan tumpahan cairan kimia secepatnya. Sebagai contoh  di dalam nebosh training profesional, merkuri (Hg) merupakan cairan kimia dengan titik didih rendah dan sangat beracun. Jika terjadi tumpahan merkuri (Hg), taburi belerang atau Chemizorb® Hg yang merupakan produk MERCK. Chemizorb® Hg berfungsi untuk menyerap merkuri atau bisa digunakan Chemizorb® serbuk atau butiran jika yang tumpahannya adalah cairan kimia. Saat mengikuti nebosh training spesialis kimia akan dijelaskan lebih banyak lagi tentang bahaya yang ditimbulkan masing - masing bahan kimia yang ada.
  2. Di dalam nebosh training juga mengajarkan untuk tidak makan maupun minum saat berada di ruang laboratorium.
  3. Dilarang merokok di dalam ruang laboratorium.
  4. Jangan berlarian di dalam ruang laboratorium.
  5. Jangan meletakkan tas dan barang lainnya di lantai laboratorium dan di tempat berjalan.
  6. Pakai peralatan pelindung diri selama di laboratorium antara lain :
  • Kacamata keselamatan yang estetis dipakai dan bertangkai. Pilih dan pastikan optik gelas pada kacamata dalam kondisi baik.
  • Jas laboratorium.
  • Gunakan pelindung muka pada waktu bekerja untuk bahan yang mudah meledak dan sangat berbahaya.
  • Pakai celana panjang.
  • Pakai sepatu tertutup sampai mata kaki
  • Masker atau dengan respirators yang bisa digunakan saat bekerja dengan gas yang korosif dan beracun.
  • Sarung tangan / gloves 
    • Cek bahan dan ketebalannya.
    • Semakin tebal bahan, semakin aman bagi sarung tangan. 
    • Sering mengganti sarung tangan, makin baik.
    • Jangan memegang/menyentuh gagang pintu, pena telepon saat masih menggunakan sarung tangan)

Setelah mengikuti nebosh training spesialis kimia diharapkan kecelakaan kerja yang terjadi semakin minim dan tidak ada lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar